Kegiatan Readathon di SMPN 1 Purwakarta 2018 - SMP Negeri 1 Purwakarta

Latest

Thursday, February 1, 2018

Kegiatan Readathon di SMPN 1 Purwakarta 2018

 Kegiatan Readathon di SMPN 1 Purwakarta
Jumat, 26 Januari 2018


Dalam readathon membaca harus dilakukan “marathon” atau terus-terusan dalam satu kesempatan, karena readathon berasal dari gabungan dua kata yaitu “read dan marathon” membaca yang dilakukan terus-terusan ditempuh ditempuh sangat jauh..

Dalam pelaksanaan di sekolah, istilah “membaca masal  terus-terusan” mengalami penyesuaian karena tidak boleh mengganggu kegiatan belajar kurikuler. Sehingga terus-terusan dalam konteks readathon di SMPN1 Purwakarta adalah membaca masal reguler, yaitu dilakukan setiap hari jumat ke-4  mendapatkan kesempatan melakukan readathon.

Dalam Readathon para siswa dipersilakan secara  di lapangan  sekolah yang telah ditentukan. Sementara para guru ikut membaca sambil mengawasi jalannya readathon. Ini adalah pengalaman baru dalam kebiasaan siswa membaca, sekaligus menjadi salah satu kegiatan pembiasaan.

Semoga melalui kegiatan readathon ini dapat mempercepat tumbuhnya kesadaran literasi para siswa di SMPN 1 Purwakarta. Dalam acara ini diberikan penghargaan kepada siswa yang sudah selesai membaca buku berupa pin literasi.





Pada akhirnya apapun kegiatan dalam gerakan literasi di SMPN1 Purwakarta khususnya melalui kegiatan readathon, akan membuat para siswa menjadi senang membaca sebagai karakter awal untuk menjadi literat. Serta terjadi “penularan energi semangat baca dalam skala besar”. Sebagaimana telah dibuktikan di berbagai negara yang memiliki kesadaran literasi yang tinggi, readathon menjadi arena  pesta baca yang sangat populer.

No comments:

Post a Comment